Cara Membuat Basreng Menjadi Keripik

cara membuat basreng menjadi keripik basreng

Kerupuk / Keripik Basreng adalah singkatan dari bakso goreng crispy. Basreng super pedas ini dibuat dari adonan bakso ikan atau bebas ikan, sebagai pengganti bakso sapi. Basreng ini secara tradisional digoreng dengan kayu bakar yang dicampur bahan alami untuk membuat irisan basreng yang renyah, gurih dan tahan lama tanpa menggunakan bahan pengawet dan memiliki Aroma unik dari daun lemon. Artikel kali ini kita akan mebahas cara mmebuat basreng kering berbahan dasar daging ayam. Artikel hari ini tentang cara membuat basreng menjadi keripik basreng.

Rasa super pedas didapat dari bahan asli cabai bukan bubuk cabai, menghasilkan rasa pedas yang natural dan warna merah alami tanpa pewarna atau pewarna makanan buatan. Berikut resep olahan masakan baseng kering super pedas pedas, krenyes crispy, berbagai kreasi dan rahasia masakan khas yang enak. Rahasia ini dilengkapi dengan bikin sendiri langkah demi langkah pencegahan kegagalan (homemade). Sederhana, mudah dan praktis untuk dikonsumsi dan dijual sendiri. Filosofi bisnis keripik Basreng dengan berbagai rasa ekonomis dan harga murah.

sebelum kita membahas topik utama hari ini kami akan memberikan beberapa bahaya jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan berlebihan.Mari simak berikut ini!!

 

Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Ringan Berlebihan

Gizi Tak Seimbang

Saat ini, banyak jajanan yang enak dan menarik dijual di warung-warung dan supermarket. Berbagai macam jajanan membuat kita ingin makan lebih banyak jajan. Faktanya, sebagian dari kita mungkin makan camilan sebelum kenyang, jadi kita tidak perlu makan. Pada pandangan pertama, sangat jarang mengemil sampai kenyang. Padahal, jika dicermati, kebiasaan ini bisa menimbulkan banyak dampak, salah satunya adalah ketidakseimbangan nutrisi.

 

Pola Makan Terganggu

Selain asupan gizi yang tidak seimbang, terlalu banyak camilan juga dapat mengganggu pola makan kita. Saya tidak tahu mengapa ini terjadi, bukan? Ternyata saat kita makan banyak jajan, meski tidak makan nasi dan makanan utama lainnya, perut kita akan terasa kenyang. Jika sudah kenyang, kita pasti akan makan lebih sedikit, atau mungkin melewatkan makan (tidak ada makanan).

Jika demikian halnya, kita akan makan saat lapar. Akhirnya, pola makan atau jadwal makan kita kacau, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Padahal, kita membutuhkan beragam makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi kita. Oh ya, agar tidak mempengaruhi pola makan Anda, silakan coba makan camilan secukupnya.

Selain itu, jadikan jajan sebagai camilan untuk menahan lapar bukanlah makanan utama yang menghancurkan rasa lapar ya.

Gangguan Kesehatan Lainnya

Selain mengganggu kebiasaan makan dan asupan nutrisi yang tidak seimbang, terlalu banyak mengemil juga dapat mempengaruhi kesehatan kita. Saya tidak tahu mengapa ini terjadi, bukan? Tentunya hal ini disebabkan oleh kandungan dalam jajanan tersebut. Camilan biasanya kaya lemak dan gula. Nah, jika terlalu banyak mengonsumsi gula dan lemak, diabetes dan obesitas akan datang. Selain itu, camilan biasanya tinggi garam.

Diketahui bahwa konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol dan penyakit jantung. Oh ya, beberapa jenis jajanan juga menggunakan pewarna yang mungkin tidak bisa dimakan. Seperti yang kita ketahui bersama, terlalu banyak bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita dapat mengganggu fungsi hati.

 

Resep Cara Membuat Basreng Kering

Bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung tapioka
  • 50 gram daging ayam giling
  • 80 ml air
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 butir telur ayam
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

 

Taburan (sesuai selera):

  • abon cabe
  • bubuk cabai hijau
  • bumbu kentang goreng
  • abon rumput laut
  • daun jeruk yang sudah digoreng kering dan ditumbuk

 

Cara Membuat Basreng Ayam:

  1. Campur tepung terigu, tapioka, ayam giling, telur, dan daun bawang. Bumbui dengan garam dan merica.
  2. Tuangkan air dan uleni adonan hingga tercampur rata dan kalis. Jika adonan sudah tidak lengket di tangan, artinya adonan siap dibentuk.
  3. Bentuk adonan lonjong-lonjong, lalu tusuk-tusuk dengan lidi agar tidak meledak saat digoreng.
  4. Goreng basreng menggunakan deep fryer dalam minyak banyak sampai setengah matang. Cukup sampai mengembang dan berubah warna saja.
  5. Biarkan basreng goreng setengah matang selama 6 jam. Setelah itu, potong tipis-tipis lalu goreng hingga renyah dan berwarna cokelat.

 

Sekian artikel kari ini tentangĀ cara membuat basreng menjadi keripikĀ  kering gampang semoga bermanfaat bagi anda yg ingin memulai bisnis keripik basreng, dan anda juga bisa membuat resep keripik tempe menjadi ide bisnis anda. sekian dan terima kasih.