Mau Tahu Bagaimana Cara Memasang AC yang Mudah? Penjelasannya Ada Disini

Cara Memasang AC

Pada artikel ini akan dijelaskan menganai cara memasang ac.

Pengertian AC

Cara Memasang AC

AC adalah sebuah proses mengubah sifat-sifat udara (terutama suhu dan kelembaban). Dan AC bisa merujuk pada segala bentuk teknologi pendinginan, pemanasan, ventilasi, atau disinfeksi yang memodifikasi kondisi udara.

AC (sering terkenal sebagai penyejuk udara) adalah suatu alat, sistem, atau mesin yang dirancang untuk mengubah suhu dan kelembaban udara dalam suatu area.

(Digunakan untuk pendinginan dan kadang-kadang pemanasan tergantung pada sifat udara pada saat tertentu), biasanya menggunakan siklus refrigerasi tapi kadang-kadang menggunakan penguapan, biasanya untuk pendinginan kenyamanan dalam bangunan dan kendaraan bermotor.

Konsep dasar AC diketahui sudah diterapkan di Mesir kuno dimana alang-alang tergantung di jendela-jendela yang menyebabkan air menetes.

Penguapan air didinginkan udara bertiup melewati jendela, meskipun proses ini juga membuat udara lebih lembab. Di Roma kuno, air dari saluran air di edarkan melewati dinding rumah tertentu untuk mendinginkan ruang tersebut.

cara lainnya di Persia abad pertengahan melibatkan penggunaan tangki air dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas.

AC modern mulai dikenal dari kemajuan kimia / ilmiah selama abad 19. Dan pengkondisian udara skala besar pertama listrik ditemukan dan digunakan pada tahun 1911 oleh Haviland Willis.

AC sudah menjadi kebutuhan sekunder dalam kehidupan kita sehari-hari. Bayangkan saja, semua perkantoran, minimarket, bahkan ATM sudah dilengkapi dengan AC. Selain itu, AC juga dipasang di rumah pribadi agar aktivitas kita di rumah jadi lebih nyaman. Sayangnya, sama seperti peralatan elektronik lainnya, AC juga bisa rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Cara Memasang AC

Cara Memasang AC

1. Tentukan Lokasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tempat pemasangan AC, baik itu unit outdoor maupun unit indoor.

Untuk pemasangan disarankan cari tempat yang dindingnya berbalikan dengan dinding luar ruangan, hal ini dimaksudkan agar pemasangan instalasi pipa AC tidak terlalu panjang.

Hindari juga peletakan unit AC outdoor yang terpapar sinar matahari langsung, karena panas yang berlebihan dapat mempengaruhi kinerja dari AC.

Unit indoor AC biasanya membutuhkan space ruangan 15 cm di setiap sisinya, dan pemasangan disarankan dilakukan 2,15 m di atas permukaan tanah, usahakan juga pemasangan dekat dengan sumber listrik.

Perhatikan juga kondisi dinding yang akan digunakan untuk memasang AC, usahakan dinding cukup kuat dan kokoh untuk menahan bobot dari AC.

2. Pasang Penyangga AC

Setelah menentukan lokasi yang cocok, pasang penyangga AC. Pemasangannya lumayan mudah, kamu hanya perlu tahan lempengan besi penyangga pada dinding yang akan dipasangani unit AC.

Lalu gunakan waterpas untuk memastikan bingkai berbentuk kotak sempurna baik dari sisi horisontal maupun vertikal.

Lalu bor ke dalam dinding pada bagian yang pas untuk memasang lempengan besi penyangga ke dinding.

Setelah itu masukkan jangkar plastik pada lubang dan kencangkan lempengan penyangga besi dengan menggunakan sekrup.

3. Buat Lubang Dinding

Selanjutnya adalah lubang untuk mengeluarkan pipa AC, pipa pembuangan dan kabel daya untuk unit outdoor.

Jika sudah menemukan titik untuk pipa, gunakan bor dan lubangi dinding dengan diameter 7,5 cm. Pastikan lubang lebih rendah dari pemasangan unit indoor AC.

Pemasangan yang melandai kebawah memiliki tujuan agar air pembuangan mengalir dengan baik. Setelah itu masukkan pinggiran pipa ke dalam lubang yang telah dibuat.

4. Pasang Unit Indoor AC

Pasang unit indoor AC pada besi penyangga yang sebelumnya telah terpasang.

Gunakan MCB sebagai sumber listrik unit AC indoor dan outdoor.

5. Pasang Unit Outdoor AC

Untuk pemasangan unit outdoor AC tidak jauh beda dengan pemasangan unit indoor AC.

Cuma saja penyesuaian panjang pipa AC menjadi pertimbangan dalam pemasangan unit outdoor AC.

Tentukan dan pasang penyangga untuk unit outdoor, dan jarak antara kedua penyangga harus sama dengan jarak antar baut pada kaki unit outdoor.

Bagi pemasangan penyangga gunakan bor listrik dengan mata bor beton, hal ini dilakukan untuk meletakkan baut dinabol sehingga mudah menempelkan kedua breket atau penyangga. Gunakan kunci pas untuk mengencangkannya.

6. Hubungkan Pipa AC dan Kabel Indoor dan Juga Outdoor

Gunakan kunci pas untuk mengaitkan pipa AC dari indoor ke outdoor, pemasangannya relatif mudah, anda hanya perlu pasang dan kencangkan saja.

7. Cek Kembali Pipa

Sebelum dirapihkan ada baiknya cek kembali instalasi pipa, cek apakah terjadi kebocoran pada pipa yang telah terpasang tadi.

Untuk melakukan pengecekkan anda dapat buka salah satu penutup katup bisa tekanan rendah maupun yang tekanan tinggi dengan kunci L agar freon bisa mengalir.

Dengarkan apakah terdapat bunyi yang mengindikasikan kebocoran, pastikan dengan baik, apabila terjadi kebocoran anda bisa gunakan duct tape.

Tetapi apabola tidak ada kebocoran maka buka kedua katup tekanan tinggi maupun rendah.

8. Rapihkan Instalasi

Gunakan duct tape untuk menata seluruh instalasi pemipaan, fungsinya agar pemipaan tidak berantakan.

Pastikan semuanya tidak ada yg kendor atau tidak terpasang dengan baik.

Itu tadi merupakan langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk melakukan pemasangan AC.

kalau kamu  mempunyai budget lebih anda bisa gunakan jasa pemasangan AC, karena setiap kota pasti sekarang sudah ada jasa pemasangan AC, baik itu kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan kota lainnya pasti sudah ada.

Itu tadi adalah pembahasan mengenai cara pasang AC yang anda bisa gunakan.

Langakah di atas adalah cara pemasangan AC split yang anda bisa gunakan di ruangan di rumah seperti ruangan keluarga maupun kamar.

Manfaat dan Kerugian Menggunakan AC Bagi Kesehatan

Sistem pendingin udara bisa meningkatkan pertumbuhan dan penyebaran mikroorganisme, seperti Legionella pneumophila, agen penular yang dapat menyebabkan penyakit legiuner ‘, atau aktinomisetes termofilik, namun, ini hanya terjadi di mana AC kurang terawat. Selama AC ini masih terawat (biasanya dengan cara pengobatan klorin), makabahaya kesehatan bisa dihindari.

Sebaliknya, AC (termasuk filtrasi, pendinginan humidifikasi, dan desinfeksi) dapat menggunakan untuk memberikan keadaan yang bersih, aman, suasana hypoallergenic di kamar operasi rumah sakit dan lingkungan lain di mana suasana yang tepat dan sangat penting untuk keselamatan pasien dan kenyamanan selama berada di sebuah ruangan.

AC bisa mempunyai efek negatif pada kulit, pengeringan kulit keluar, dan juga dapat menyebabkan dehidrasi. Tetapi AC mempunyai efek positif pada penderita alergi dan asma. Perlu diketahui AC merupakan salah satu penyebab Pemanasan Globa.

Salah satu kegunaan utama AC adalah tentu saja untuk menurunkan atau menaikkan suhu ruangan sehingga suhu di ruangan Anda bisa menjadi nyaman sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sebelum Anda pergi ke toko elektronik untuk membeli AC, ketahui dulu beberapa jenis AC karena penting untuk mengetahui jenis-jenisnya sebelum membeli.

Anda bisa menyesuaikan jenis AC sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah ulasan mengenai cara memasang ac yang benar. Anda dapat menggunakan ac ini jika udara di rumah anda terlalu panas. Dengan artikel ini anda dapat memasang ac dengan mudah dengan artikel cara memasang ac ini.