Cara Memasak Kornet Sapi dengan Telur Gampang Dibuat Dijamin Enak

Resep Memasak Kornet Sapi Dengan Telur

Cara Memasak Kornet Sapi dengan Telur – Siapa sih yang gak tahu tentang masakan ini, makanan yang simpel sekaligus tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk membuatnya. Dilain sisi makanan ini sudah populer sejak abad ke 12, untuk lebih jelasnya simak penjelasan singkat tentang masakan tersebut dibawah ini.

Kornet Sapi

Cara Memasak Kornet Sapi degan TelurApakah kalian tahu asal usul kornet sapi ? yups,  Nama “kornet” berasal dari bahasa Inggris “corned”, dari kata “corn” yang artinya butiran. Butiran yang dimaksud yaitu asalnya dari partikel-partikel garam kasar yang digunakan untuk mengolah kornet. Disimpulkan bahwa kornet adalah daging sapi yang diawetkan dalam dan kemudian dimasak dengan cara direbus .kornet tersebut ditemukan di Irlandia tepatnya pada abad 12.

Cara Memasak Kornet Sapi dengan Telur

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Telur ayam 1 butir
  • Daging kornet sapi 1 sdm
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kornet Sapi dengan Telur :

  1. Pertama – tama haluskan bawang putih yang sudah dipisahkan dari kulitnya.
  2. Kemudian pecahkan telur ayam kedalam wadah dan aduk dengan bawang putih sampai rata tercampur, lalu tambahkan garam dan merica.
  3. Jika sudah tercampur rata semuanya, masukkan daging kornet sapi ke dalam adonan telur tadi.
  4. Setelah itu panaskan minyak didalam teflon dengan api kecil( juga bisa menggunakan panggangan sosis ), goreng telur yang sudah tercampur dengan daging kornetnya.
  5. Jika sudah berubah warna menjadi kekuningan, balik telur dengan pelan agar tidak membuat kornet terbelah. Tunggu hingga matang.
  6. Angkat telur goreng kornet dan tiriskan didalam penyaringan. Diamkan sejenak.
  7. Bentuk persegi panjang agar mudah untuk digulung. Gulung telur dengan hati-hati.
  8. Telur gulung kornet siap dihidangkan.

 

Cara Konsumsi Daging Sapi

Cara Konsumsi Daging Sapi

1. Konsumsi Dalam Jumlah Normal

Mengkonsumsi daging sapi dalam bentuk kornet atau diolah sendiri disarankan dalam jumlah yang normal. Semisal kalian mengalami penyakit anemia, maka boleh mengkonsumsi lebih banyak dibandingkan takaran normalnya.

Beda jika kalian mengalami darah tinggi atau memiliki riwayat penyakit itu, maka kalian harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. jika kalian bingung untuk menentukan porsinya yang sesuai, lebihbaik konsultasi ke dokter terlebih dahulu

2. Perbanyak Minum Air Putih

Sesudah kalian mengkonsumsi daging sapi, baiknya perbanyak minum air putih. Karena beberapa orang yang berlebihan ataupun mengkonsumsi dengan kadar normal terkadang mengalami sembelit sementara. Oleh karena itu, konsumsi air putih dapat mencegah hal itu terjadi.

Tidak hanya itu, konsumsi air putih sesudah makan daging juga memiliki manfaat untuk membantu sistem pencernaan dalam mengolahnya. Air putih juga bisa mengembalikan fungsi ion payang mengalami penurunan pada saat mengkonsumsi daging sapi tersebut.

3. Perbanyak Makan Buah

Mengkonsumsi daging sapi memang tidak ada salahnya, tetapi akan menjadi salah jika kalian tidak mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah yang segar. Baiknya mencari buah yang mempunyai kandungan serat yang tinggi.

Tujuannya agar membantu melancarkan pencernaan karna daging sapi bisa menyebabkan sembelit untuk beberapa orang. Beberapa contoh buah yang dapat kalian konsumsi antaralain adalah jambu biji merah, pisang, pepaya, apel, pir dan dan lainnya.

4. Konsumsi Dengan Sayur

Saat kalian ingin mengkonsumsi kornet sapi, sebaiknya imbangi dengan mengkonsumsi sayur. kalian juga bisa memasaknya dengan menumisnya bersama sayuran tersebut. Sayuran tersebut digunakan untuk menetralisir kandungan lemak yang ada pada kornet tersebut.

Beberapa sayur yang direkomendasikan sebagai pendamping diantaranya yaitu bayam, kangkung, buncis dan lain-lainnya. Ketika digunakan untuk makanan pendamping, Lebih baik tidak perlu diolah menjadi masakan dan cukup direbus hingga matang.

5. Konsumsi Air Perasan Jeruk Nipis

Kandungan lemak pada daging sapi terbilang lumayan tinggi dan hal tersebut akan berbahaya kalau kalian mempunyai riwayat hipertensi. Bukan berarti tidak berbahaya untuk orang normal, hanya saja lemak yang berlebih didalam tubuh tidaklah baik.

Untuk menetralisir dan melarutkannya, Kalian dapat membuat minuman perasan jeruk nipis. Air itu nantinya akan membantu lemak yang bisa jadi menempel dalam tenggorokan ataupun sistem pencernaan kalian.

6. Masaklah Dengan Cara Yang Benar

Poin penting yang harus kalian pahami betul-betul adalah ketika akan mengkonsumsi daging sapi perhatikan dan pilih cara masak yang benar. Cara memasak daging sapi sebaiknya menggunakan minyak yang sedikit. Kalian juga dapat menggunakan margarin rendah lemak agar tidak menambah kadar lemak.

Jika ingin lebih sehat, Kalian dapat mengolahnya dengan cara dikukus, rebus, panggang atau bakar sampai benar-benar matang. Jangan terlalu sering mengkonsumsi daging setengah matang karena akan berbahaya untuk kalian pada kurun waktu tertentu.

 

Nutrisi Daging Sapi dan Manfaatnya

nutrisi

Kornet Daging sapi kalau dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai akan memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh kalian. Itu dikarenakan adanya banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia, baik untuk usia anak sampai usia dewasa. Salah satu produk olahan daging sapi yang banyak dijumpai yakni dalam bentuk kornet sapi. Nutrisi apa sajakah yang ada di dalam daging sapi tersebut ?

1. Protein

Protein tidak hanya bermanfaat untuk membentuk jaringan yang baru dalam tubuh kalian saja, tetapi juga bisa membantu perkembangan otak. Anak-anak yang mengkonsumsi daging sapi secara teratur sesuai pada jumlah minimal yang ditetapkan bisa meningkatkan daya ingatnya dan juga membuatnya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Dan yang pasti harus diimbangi dengan belajar yang rutin. Selain itu protein juga banyak terdapat pada daging ayam yang bisa dibuat ayam panggang bumbu rujak.

2. Zat Besi

Kekurangan zat besi akan membuat tubuh menjadi lemas atau dalam medis disebut dengan gejalan anemia. Kebutuhan zat besi setiap orang dalam seharinya berbeda-beda. Tergantung dari gender, usia sampai merujuk pada kondisi hormon seseorang, terlebih lagi pada wanita yang sedang haid. Secara logika, mereka lebih membutuhkan banyak zat besi di masa-masa tersebut.

Dikarenakan kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi daging sapi secara teratur karena selain mengandung protein yang tinggi, juga mengandung zat besi pula. Selain mencegah anemia, daging sapi dapat bermanfaat sistem imunitas dalam tubuh meningkat. Dengan demikian kalian akan terhindar dari serangan penyakit dan tubuh akan selalu dalam kondisi prima untuk memulai kegiatan sehari-harinya.

3. Vitamin B Kompleks

Kebutuhan vitamin B kompleks untuk tubuh sangatlah penting, mengingat pula vitamin tersebut dapat berpengaruh pada daya konsentrasi dan juga daya ingat seseorang. Untuk mereka yang kekurangan vitamin B kompleks, umumnya akan cepat lupa dan sulitnya untuk konsentrasi. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks tersebut dengan mengkonsumsi kornet daging sapi.

Mengapa harus daging sapi? Karena kandungan vitamin B kompleks yang ada di dalamnya cukup tinggi, sehingga bisa membantu kinerja sistem saraf otak. Dilain sisi, mengkonsumsinya dengan teratur tanpa berlebihan juga baik agar tubuh dapat menjaga diri dari serangan anemia.

4. Selenium

Senyawa yang satu ini mungkin tidak familar untuk beberapa orang. Selenium adala salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan mempunyai fungsi penting. Salah satunya adalah membantu dalam perbaikan DNA serta berpengaruh pada metabolisme hormon tiroid. Jika kekurangan nutrisi ini bisa menimbulkan resiko kanker prostat pada laki-laki dan resiko masalah kelenjar tiroid pada wanita.

Pada dasarnya, baik pria maupun wanita dewasa membutuhkan kira-kira 30 mcg selenium perharinya. Cara memenuhi kebutuhan selenium dapat dengan mengkonsumsi sayuran ataupun daging sapi untuk memenuhi kebutuhan selenium tersebut. Tetapi berhati-hatilah dalam mengkonsumsi daging sapi tersebut, jangan sampai terlalu banyak karena dapat memberikan efek negatif bagi tubuh.

5. Omega 3

Omega 3 adalah nutrisi yang baik untuk tubuh manusia karena bisa membantu menjaga berbagai macam fungsi tubuh, diantaranya adalah mata, otak sampai jantung. Untuk memenuhi kebutuhan omega 3 setiap harinya. Kalian dapat mengkonsumsi berbagai macam makanan laut, kacang-kacangan sampai produk hewani.

Dari produk dari hewani sendiri, kalian bisa memilih daging sapi kalau tidak terlalu suka dnegan daging kambing. Adapun kandungan omega 3 dalam setiap 150 gram daging sapi sekitar 30 gram. Dengan dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan, maka akan membantu menjaga kesehatan tubuh kalian.

 

Cara Pilih, Simpan, dan Olah Kornet Kaleng

1. Perhatikan Kondisi Kaleng

Kondisi dari kaleng pengemasan kornet yaitu sesuatu yang mudah kalian kenal dan perhatikan dengan benar. Karena, kalau kalian sampai membeli kornet dalam kaleng yang sudah tidak sehat, akhirnya nanti bisa membuat efek samping ketika dkonsumsi. Jika kalian bertanya, bagaimana kondisi kaleng yang baik untuk dibeli?

Saya jelaskan yang pertama yakni kalengnya tidak penyok, tak bocor, mengembung sampai berkarat. Kalau kalian menemukan ciri-ciri tadi, lebih baik mencari kornet kaleng lainnya yang aman untuk dikonsumsi. Kondisi dari kaleng yang tak bagus sudah pasti membuat kualitas makanan yang ada di dalamnya juga ikut menurun bahkan bisa menjadi racun.

2. Simpan Dengan Benar

JIka kalian telah membelinya lebih baik simpan pada tempat yang sejuk dan hindari dari paparan sinar matahari. Cara yang baik untuk menyimpannya harus disimpan dalam lemari es dengan suhu tertentu. Pastikan didalam lemari es tidak kebanyakan air karena jika terlalu lama menyimpannya dengan air yang terlalu banyak, akibatnya kaleng perlahan menjadi berkarat.

Beda cara kalau kalian sudah membukanya, tapi hanya menggunakannya setengah bagian saja. Sisa kornet yang ada dalam kaleng tersebut harus disimpan dengan cara yang benar. Penyimpanan harus menggunakan tempat yang bersih, rapat, dan tidak terlalu lembab seperti dimasukkan ke dalam kulkas.

Disini kalian bisa gunakan plastik khusus untuk menyimpan aneka macam kebutuhan dapur yang biasa didapatkan di pasar. Mengapa harus tertutup rapat? Tujuannya untuk mencegah bakteri ataupun kuman masuk ke dalam wadah tersebut. Karena penyebaran kuman dan bakteri bisa melalui udara. Penyimpanan maksimal hanya 2 hari.

3. Masak Dengan Cara Yang Benar

Cara memasak kornet sapi yang baik dan juga benar yakni dengan memasaknya sekali saja. Jangan dipanaskan sampai berkali-kali karena akan membuat nutrisi yang ada di dalamnya menjadi rusak dan kalian tidak bisa mendapatkan nutrisi tersebut dengan optimal. kalau kalian ingin menambahkan air, lebihbaik gunakan air matang.

Ketika mengolahnya jadi makanan utama, perhatikan cara mengolahnya. Saat menggunakan suhu yang tinggi, maka jangan terlalu lama mengolahnya. Akantetapi, pastikan kornet itu sudah benar-benar matang dan baiknya gunakan api yang sedang saja.

Cara lain yang bisa dilakukan dengan mencampurkan sayur-sayuran dan menambahkan sedikit bumbu rempah. Adanya sayur tersebut memiliki tujuan agar nutrisinya menjadi lebih lengkap ketika dikonsumsi. Penambahan bumbu rempah bertujuan agar rasanya lebih menguatkan kuat dan terasa.

 

Resep Kornet Sapi Lainnya

1). Bakso Goreng Kornet

Bahan – Bahan :

  • 250 gr kornet beef
  •  telur 1 butir
  •  tepung tapioka 1 sdm
  •  1 sdt garam
  •  1/2 sdt merica bubuk
  •  1/4 sdt baking powder
  •  bawang putih 2 siung
  • 3 buah cabai rawit
  • 5 sdm tepung terigu

Cara Membuat Bakso Goreng Kornet :

  1.  Haluskan bawang putih dan cabai rawit.
  2.  Campurkan semua bahan, aduk.
  3.  Bentuk bulat-bulat bakso dengan sendok atau tangan.
  4.  Goreng bakso kornet dengan api sedang sampai matang kecokelatan, angkat lalu tiriskan.
  5.  Bakso goreng kornet siap sajikan.

2). Orak – Arik Kornet

Bahan – Bahan :

  •  100 gram kornet sapi
  •  1 batang daun bawang, cincang kasar
  •  1 buah bawang bombay, iris tipis
  •  telur 2 butir, kocok lepas
  •  bawang merah 2 siung, cincang halus
  •  bawang putih 2 siung , memarkan cincang halus
  •  7 buah cabai rawit, cincang halus
  •  Garam secukupnya
  •  Gula secukupnya
  •  Kaldu ayam bubuk secukupnya
  •  Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Orak – Arik Kornet :

  1.  Panaskan sedikit minyak pada api sedang.
  2.  Tumis cabai, bawang merah, bawang bombay dan bawang putih sampai tercium arom harum.
  3.  Sisihkan bumbu di tepi wajan.
  4.  Masukkan telur ayam lalu masak orak-arik sampai cukup matang.
  5.  Setelah itu tambah dengan gula, garam, kaldu ayam bubuk dan daun bawang.
  6.  Berikan juga kornet, aduk hingga tercampur rata kemudian masak sampai semua bahan matang.
  7.  Angkat orak-arik kornet dan sajikan.

3). Nasi Goreng Kornet

Bahan – Bahan :

  •  2 sdm kornet
  •  nasi 1 piring
  •  kecap manis 1 sdm
  •  saus tiram 1 sdt
  •  1/2 sdt merica bubuk
  •  daun bawang 2 batang, iris tipis
  •  bawang merah 2 siung
  •  bawang putih 2 siung
  •  garam secukupnya
  •  gula secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Kornet :

  1.  Haluskan semua bumbu-bumbu.
  2.  Tumis hingga harum pada api sedang.
  3.  lalu masukkan kornet dan tumis hingga sedap.
  4. Kemudian berikan juga merica bubuk, kecap manis, daun bawang, dan yang terakhir saus tiram.
  5.  Setelah tercampur, masukkan nasi dan aduk rata dengan bumbu.
  6.  Cicipi rasa, dapat ditambahkan gula atau garam sesuai selera.
  7.  Nasi goreng kornet siap disajikan.

4). Lumpia Isi Kornet

Bahan – Bahan :

  •  200 daging kornet sapi
  •  15 kulit lumpia siap pakai
  •  1 batang daun bawang, iris halus
  •  1 sdm bumbu kari siap pakai
  •  1/2 sdm gula pasir
  •  1/4 sdt merica bubuk
  •  100 gram bawang bombay, cincang halus
  •  4 siung bawang putih, cincang halus
  •  bengkuang 50 gram , potong bentuk korek api
  •  jamur kancing 50 gram , potong kecil
  •  tahu putih 50 gram, lumatkan
  •  6 butir bawang merah, cincang halus
  •  Garam secukupnya

Cara Membuat Lumpia Isi Kornet :

  1.  Buat isinya terlebih dahulu, dengan cara menumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai tercium aroma harum.
  2.  Lalu Masukkan, bengkuang,daun bawang, tahu, kornet dan jamur. Aduk sampai tercampur rata.
  3.  Jangn lupa berikan bumbu kari, merica bubuk garam dan tentunya gula.
  4.  Masak hingga semua bahan matang, sisihkan.
  5.  Persiapkan kulit lumpia, isikan dengan isian sebanyak satusetengah sampai dua sendokmakan isian.
  6.  Gulung dan rekatkan ujungnya dengan putih telur.
  7.  Lakukan hingga semua kulit lumpia habis.
  8.  Goreng lumpia dengan api sedang sampai warnanya berubah kuning kecokelatan. Angkat, lalu tiriskan.
  9.  Lumpia kornet siap disajikan.

5). Perkedel Tahu Kornet

Bahan – Bahan :

  •  120 gram kornet sapi
  •  8 buah tahu
  •  1 butir telur ayam
  •  1 sdm tepung tapioka
  •  2 batang daun bawang,iris
  • bawang putih 2 siung, haluskan
  •  garam secukupnya
  •  kaldu ayam bubuk secukupnya
  •  merica bubuk secukupnya
  •  minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Perkedel Tahu Kornet :

  1.  Hancurkan tahu dan kornet.
  2.  Tambahkan irisan daun bawang, garam, bawang putih, kaldu bubuk, dan merica bubuk.
  3.  Cicipi rasa, tambahkan bumbu lain sesuai selera.
  4.  Tambahkan telur dan tepung tapioka, aduk rata.
  5.  Panaskan minyak goreng.
  6.  Bentuk adonan bulat-bulat.
  7.  Goreng hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  8.  Perkedel tahu kornet siap disajikan.

 

Itulah tadi Cara Memasak Kornet Sapi dengan Telur beserta penjelasan lainnya, saya harap resep saya bisa menjadi referensi kalian untuk membuat olahan. Kalau kalian tertarik dengan olahan lain,