Cara Memasak Kerang Saus Tiram Sederhana Rasa Istimewa

Cara memasak kerang saus tiram pada awalnya dibuat dengan bahan utama kerang dengan rasa saus tiram, yang mana saus tiram yakni sebuah saus kental yang warnanya sedikit kehitaman-hitaman dalam olahan masakan di Tionghoa yang terbuat dari bahan utama tiram dan memiliki rasa yang asin dan gurih. Saus ini umumnya digunakan sebagai rasa asin yang cukup kuat sehingga olahan yang menggunakan saus tiram biasanya tidak membututuhkan dibumbui garam atau kecap asin lagi.

 Kerang Saus Tiram

Cara Membuat Tumis Kerang Saus Tiram

Dilain sisi Kerang yakni sejenis hewan laut tak bertulang belakang yang populer dikonsumsi di seluruh dunia. Dagingnya yang lunak dan tersembunyi di dalam cangkang dianggap sebagai santapan mewah di sejumlah negara.

Sebagai negara maritim, masyarakat Indonesia tentunya sudah familiar dengan kerang. Ada berbagai jenis kerang yang dipasarkan di Indonesia. Baik kerang yang ditangkap langsung dari laut atau kerang budidaya.

Nah, pada penjelasan dibawah ini kalian akan mempraktikkan cara membuat tumis kerang sebagai berikut.

 

Cara Memasak Kerang Saus Tiram

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 300 Gram kerang dara, bersihkan dan rebus
  • 150 Gram tahu putih, potong kotak, kemudian goreng
  • 1 Buah bawang bombay, potong panjang
  • 2 Siung bawang putih, cincang
  • 1 Ruas jahe, iris tipis
  • 1 Buah tomat merah, potong kecil-kecil
  • 2 Sendok teh saus tomat
  • 2½ Sendok makan saus tiram
  • ¼ Sendok teh garam
  • 100 Mili air
  • Minyak goreng secukupnya

 

Cara Membuat Kerang Saus Tiram :

  1. Panaskan dulu wajan sebelumnya beserta minyak goreng kalian dengan api sedang.
  2. Sesudah panas lanjutkan dengan menumis bawang putih,bawang bombay dan juga jahe sampai tercium aroma harum pada masakan.
  3. Lalu ambil potongan tomat dan lanjutkan dengan memasukannya ke dalam wajan. Tumis hingga tomat menadi layu.
  4. Setelah itu kalian mulailah memasukan kerang yang sudah dibersihkan dan juga sudah direbus sebelumnya. Aduk-aduk masakan hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  5. Kemudian ambil tahu dan masukan ke dalam masakan kalian bersamaan dengan saus tiram, saus tomat dan yang terakhir garam. Pastikan semua bahan tercampur dengan rata.
  6. Berikan air ke dalam masakan kalian dengan perlahan, lalu lanjutkan memasak hingga bumbu sudah benar-benar meresap ke dalam masakan kalian.
  7. Setelah bumbu benar-benar meresap ke dalam masakan dan kerang terlihat sudah matang anda bisa mengangkat sajian kerang saus tiram tersebut dan menyajikannya di atas piring saji.
  8. Tata sedemikian rupa hingga menarik, kemudian anda sajikan kepada keluarga selagi masih hangat disantap bersama keripik jamur tiram dijamin tambah betah makan dirumah.

Tips Memasak Kerang Agar Tidak Beracun

Mengonsumsi kerang terkadang membuat keracunan, terlebih kalau kerang yang dimakan sudah terpapar biotoksin berupa logam berat. penyebab itu disebut dengan paralytic shellfish poisoning (PSP). Dibawah ini tips memasak kerang agar tidak mengandung racun saat dikonsumsi.

  1. Cara paliang awal untuk menghindari keracunan karena memakan kerang dengan memilih kerang yang telah diambil dari perairan bersih.
  2. Kadang mengonsumsi kerang yang memiliki kualitas yang baguspun bisa menyebabkan pusing. Kalau kalian ingin terhindar dari keracunan ini, alangkah baiknya jangan langsung merebus kerang yang masih memiliki cangkang yang kalian beli dalam keadaan masih segar. Kalian harus mencuci terlebih dahulu hinggabersih dan juga rendam dulu kerang sebelum dimasak.
  3. Kalian juga lebihbaiknya tidak memasak kerang segar yang masih memiliki cangkang tanpa air. Karna kerang akan mengeluarkan air laut dari tubuhnya saat dimasak. Inilah yang membuat kalian pusing setelah menyantap kerang.

Tips Kerang

Tips Pilih kerang Agar Aman Dikonsumsi

Pada dasarnya pembuatan olahan kerang yang nikmat dimulai dengan pemilihan bahan yang mempunyai mutu yang baik. Dibawah ini adalah cara memilih kerang yang enak dan aman untuk dikonsumsi.

  1. Kerang yang ukuranya kecil paling enak bila dimakan saat keadaannya mentah.
  2. Makin besar ukuran dari kerang, makin keras dan liat juga dagingnya. Jadi pilihlah dengan mengutamakan selera kalian.
  3. Pastikan kalian memilih kerang yang tak mengeluarkan bau busuk. Kerang yang segar harusnya aromanya amis, tapi tak menyengat.
  4. Kerang kupas yang masih bagus untuk dikonsumsi juga memiliki daging yang cukup kasar, tak berlendir, dagingnya tidak gampang hancur, tapi juga tak terlalu liat.
  5. Pilihlah kerang kupas yang warnanya kelihatan alami. Tidak terlalu pucat, tetapi juga tak terlalu mencolok pada warnanya. Kerang kupas yang warnanya sangat mencolok biasanya sudah diberi pewarna. Apalagi kalau tekstur dan aromanya mencurigakan. Kalian harus mewaspadainya.

 

Tips Mengolah Kerang

Kalau kalian ingin memakan sajian dari kerang yang enak, kalian juga harus membutuhkan pengolahan dengan cara yang benar. Dibawah ini beberapa tips memasak kerang yang bisa digunakan.

  1. Kalau membeli kerang yang masih memiliki cangkang, cuci sampai bersih sebelum dimasak. Sikat cangkang untuk menghilangkan kotoran yang tertempel.
  2. Cuci kerang pada air yang mengalir sambil digosok supaya pasir di dalam cangkangnya keluar.
  3. The Spruce Eats menyarankan untuk merendam kerang yang masih bercangkang ke dalam larutan air tawar dan garam kurang lebih beberapa jam. Ini bertujuan untuk mengeluarkan sisa air laut dan pasirnya.
  4. Rebus kerang agar cangkangnya terbuka.
  5. Kalau mau memakan kerang dalam keadaan segar, simpan dahulu di dalam freezer selama kurag lebih 15 sampai 20 menit. Lalu keluarkan dan biarkan selama beberapa menit sebelum mencoba membuka cangkangnya, dengan cara ini ‘otot’ yang menyebabkan cangkangnya tertutup rapat akan mengendor dan mudah dibukan.
  6. Gunakanlah api sedang dan jangan masak kerang terlalu lama agar dagingnya tak meyusut keras saat dimakan.
  7. Segera matikan api kalau cangkang kerang sudah terbuka.
  8. Kalau kalian tidak suka bau amis dari kerang, gunakanlah rempah-rempah yang mempunyai aroma harum saat memasaknya. Contohnya daun jeruk, serai, dan salam.
  9. Kalau tidak segera dikonsumsi, alangkahbaiknya simpan kerang ke dalam freezer. Tapi jangan sampai melebihi dari dua hari.

Keanekaragaman Kerang

Keanekaragaman Kerang

Sebelum mempelajari cara memasak kerang yang benar, lebih baiknya mempeelajari temtang aneka ragam kerang. Ada banyak ragam kerang yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kerang Hijau

Ciri kerang yang satu ini mempunyai cangkang pipih dan halus berwarna hijau. Kerang jenis ini biasanya olah langsung bersamaan dengan cangkangnya.

2. Kerang Batik

Cangkang kerang yang satu ini cukup khas dengan warna putih dan garis-garis diagonal kehijauan yang berubah menjadi kecoklatan kalau sudah dimasak.

3. Kerang Tahu

Kerang tahu mempunyai cangkang berwarna pucat dan halus. Dagingnya lembut dan berwarna kuning pucat.
Jenis kerang ini umumnya ditangkap di daerah sungai atau di perairan hutan bakau. Cangkangnya berbentuk cembung dan juga halus.

4. Kerang Dara

Sering disebut dengan kerang dara atau darah,pada jenis kerang ini sudah banyak ditemukan di pasaran. Cangkangnya berwarna putih dengan garis kelabu pada bagian ujung. Sementara dagingnya berwarna oranye dan agak liat.

5. Kerang Bambu

Umumnya disebut dengan nama lorjuk. Kerang ini mempunyai cangkang yang membentuk silinder seperti batang bambu. Ukurannya sebesar kurang lebih seperti ibu jari orang dewasa dan berdaging putih.

6. Kerang Bulu

Ciri khas kerang ini mempunyai daging berwarna oranye dan cangkang yang mirip dengan kerang dara, tapi yang membedakanya karna kerang cangkanya lebih gelap dan disertai bulu-bulu halus.

7. Kerang Simping

Simping adalah kerang pipih yang cangkangnya sudah umum digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Dagingnya termasuk sedikit, tapi padat dan aman tidak mengandung racun saat disantap dalam keadaan mentah. Karena simping tak memiliki organ penyaring yang sering menjadi sarang racun dan bakteri.

8. Kerang Macan

Kerang ini mempunyai cangkang khas yang bermotif loreng. Bentuknya sendiri seperti keong dan biasa dijadikan sajian mewah di restoran Eropa. Kerang jenis ini sudah banyak ditemukan di Pantai Utara dan Pantai Selatan pada Pulau Jawa.

9. Kupang

Kupang adalah sebutan untuk kerang putih yang ukurannya mini. Dan umumnya dijual di pasar tradisional di daerah Jawa Timur dalam kondisi yang sudah terkupas dan matang. Sudah dilengkapi dengan petis untuk membuat kupang lontongnya.

10. Tiram

Tiram juga termasuk di dalam keluarga kerang-kerangan. Cangkangnya ukuranya besar dan teksturnya kasar seperti batu karang. Sementara itu pada dagingnya ukuranya cukup besar, warnanya putih, dan juga lunak.

Manfaat kerang

Manfaat Kerang

Hewan laut yang biasa menjadi seafood diantaranya adalah kerang. Kerang yaitu hewan memiliki tubuh lunak, atau moluska. Hewan air yang satu ini biasa diolah menjadi banyak menu makanan lezat. Dibawah ini, dilansir dari Conserve Energy Future, beberapa manfaat kerang untacuk kesehatan tubuh manusia.

1. Sintesis Kolagen

Manfaat kerang yang pertama yaitu baik sebagai sintesis kolagen. Yang kolagen itu sendiri adalah protein yang ditemukan didalam tubuh manusia. Kolagen mempunyai peran yang amat penting untuk menjaga kulit kalian, selaput lendir, sendi, dan sel-sel lainnya. Tetapi amat disayangkan, banyak orang yang belum mendapat asupan kolagen yang sudah cukup.

Salah satu cara agar produksi kolagen meningkat adalah dengan mendapatkan cukup vitamin C. Kalau kalianac berpikir vitamin C hanya terdapat pada buah. Kalian salah, kerang juga bisa membantu kalian agar mendapat nutrisi penting tersebut. Vitamin C juga penting untuk membantu mendapatkan zat besi yang cukup agar meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Kaya akan Vitamin B12

Manfaat kerang yang kedua adalah kandungan dari vitamin B12 yang amat banyak. Kerang merupakan sumber Vitamin B12 yang sangat luar biasa. Kalian akan mendapat 824% dari asupan harian yang disarankan per 100 gram kerang. Sangat banyak orang berpikir kalau daging sapi merupakan cara paling baik agar bisa mendapat B12 kalian, tapi faktanya yaitu kerang bisa memberi nutrisi itu jauh lebih baik.

Vitamin B12 sangat bagus untuk kalian karena membantu menghasilkan sel darah merah, mensintesis protein, dan memelihara DNA kalian. Vitamin yang satu ini juga bisa memperlambat penuaan, dan beberapa orang juga menggunakan Vitamin B12 untuk penyakit Lou Gehrig, Multiple Sclerosis, dan untuk mencegah degenerasi makula.

3. Kerang Menyediakan Zat Besi

Manfaat kerang yang ketiga adalah kandungan zat besi pada kerang. Nutrisi dalam kerang yang sangat melimpah selain Vitamin B12 yakni zat besi. Per 6 ons kerang, kalian akan mendapatkan 23,8 mg zat besi.

Ini memberi kalian 132% dari asupan harian yang disarankan. Kita butuh yang namanya zat besi agar proses metabolisme dalam tubuh kita, dan nutrisi tersebut membantu mengangkut oksigen. Manfaat lain dari zat besi adalah agar dapat mencegah kita terkena penyakit anemia.

4. Mengatur Tekanan Darah

Manfaat kerang yang keempat adalah dapat mengatur tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi mendatangkan malapetaka pada tubuh, di mana kalian bahkan tidak menyadari penyakit ini di dalam tubuh.

Dengan perubahan pola makan sederhana dapat membantu kalian menurunkan tingkat tekanan darah. Memakan kalium merupakan salah satu cara agar membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Makanan tinggi kalium seperti kerang panggang, kentang manis, dan lentil dapat membantu kalian untuk mencegah terjadinya hipertensi.

5. Penuh dengan Protein

Manfaat kerang yang ke lima yaitu kandungan protein pada kerang. Protein sangat penting kehidupan manusia. Setiap sel dalam tubuh manusia kita memiliki protein. Protein sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan juga sebagai penghasil sel yang baru ketika dibutuhkan.

Khusus anak-anak dan remaja, membutuhkan banyak protein untuk tumbuh dan berkembang. Wanita hamil juga butuh agar memastikan kesehatan dan perkembangan bayi mereka yang sedang tumbuh.

Kerang adalah sumber protein yang bagus. Kalian akan mendapatkan 12,8 g protein per 100 g kerang. Dan jika kalian adalah orang yang memperhatikan kalori, dalam 100 gram kerang hanya memiliki 74 kalori.

6. Kesehatan Tiroid

Manfaat kerang yang keenam adalah bagus untuk kesehatan tiroid. Makanan laut adalah sumber utama yodium. Dan kerang menjebak mineral ini dalam tubuh mereka.

Yodium sangat penting untuk produksi hormon tiroid. Tubuh kita juga bahkan tak bisa membuat nutrisi yang satu ini. Jadi kalian harus mendapatkan asupan yang cukup dalam makanan kalian untuk mendapatkan hormon ini.

Tidak mendapat yodium dalam jumlah yang lumayan akan menyebabkan defisiensi, sehingga bisa menyebabkan hipotiroidisme dan kemungkinan kecacatan intelektual pada anak-anak dan bayi yang ibunya tidak mengonsumsi cukup yodium selama kehamilan mereka.

Kerang juga mengandung tembaga pada dosis yang tinggi, bekerja dengan yodium untuk memastikan tubuh memproduksi hormon tiroid yang mencukupi.

7. Sumber Kolin yang Sangat Baik

Manfaat kerang yang terakhir yakni kerang adalah sumber kolin yang baik. Kolin sangatlah penting untuk kesehatan hati dan membantu melindungi kalian dari penyakit hati berlemak.

Beberapa penelitian bahkan memperlihatkan bahwa dengan asupan kolin yang cukup dapat membantu mencegah penyakit sejenis Alzheimer dan demensia .

Kita juga membutuhkan kolin agar kita menghasilkan asetilkolin, yang bermanfaat bagi ingatan dan fungsi otak secara keseluruhan. Para ahli menyarankan bahwa orang dewasa memrlukan konsumsi minimal 425-550 mg kolin setiap harinya.

 

Resep olahan kerang lainnya :

1. Sayur Bening kerang Dara

Bahan – Bahan :

  • 250 kerang dara yang sudah dibersihkan cangkangnya dari kotoran
  • 1 ikat kangkung, siangi dan cuci bersih.
  • cabai merah 1 biji ( sesuai selera )
  • 1 siung bawang putih, memarkan kemudian iris.
  • 3 siung bawang merah yang diiris.
  • Garam dan gula secukupnya.
  • Bumbu penyedap secukupnya.

Cara Membuat Sayur Bening kerang Dara :

  1. Rebus kerang dara didalam air 1 liter sekitar 20 menit sampai cangkangnya terbuka.
  2. Masukkan irisan cabai dan bawang ke dalam panci.
  3. Tambahkan gula, garam, dan penyedap sesuai selera.
  4. Jika cangkangnya sudah terbuka dan merekah, masukkan kangkung lalu masak sampai menjadi layu, setelah itu matikan kompor.
  5. Sayur bening kerang dara siap disantap.

2. Sate Kerang

Bahan – Bahan :

  • 250 gram kerang hijau kupas yang sudah dicuci bersih, dan sudah tidak ada cangkangnya.
  • 2 lembar daun salam.
  • 1 ruas jahe, memarkan.
  • serai 1 batang, memarkan.
  • 1 ruas lengkuas, memarkan.

Bahan – Bumbu (Dihaluskan) :

  • 5 buah cabai rawit merah.
  • 2 buah cabai merah.
  • 4 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  •  kunyit 2 cm.
  • 2 butir kemiri.
  • 1 cm jahe.
  • 1 sdm kecap manis.
  • Gula merah secukupnya.
  • Garam secukupnya.

Cara Membuat Sate Kerang :

  1. Rebus kerang dengan serai, daun salam, jahe, serta lengkuas hingga kerang empuk dan juga matang. Setelah itu, angkat lalu tiriskan.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan lalu tambahkan air.
  3. Masukkan kecap manis, garam, dan gula merah. Masak lagi sampai rasa bumbu pas sesuai selera.
  4. Tambahkan kerang kemudian aduk rata.
  5. Masak sampai bumbu meresap dan air menyusut, lalu dinginkan.
  6. Ambil kerang yang sudah diberi bumbu dan tusuk dengan tusukan sate.
  7. Lumuri juga dengan bumbu tambahan, seperti kecap dan sebagainya
  8. Bakar sate sampai berwarna kecokelatan, angkat, dan hidangkan

3. Kerang Saus Padang

Bahan – Bahan :

  • 1 kg kerang hijau.
  • 150 ml air.
  • 5 sdm saus tomat.
  • 4 sdm saus tiram.
  • 2 sdm minyak goreng.
  • 4 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 2 cm jahe.
  • 1 sdm gula pasir.
  • saus cabai 1 sendok teh (sdt).
  • 1 sdt merica bubuk.
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk.
  • Tambahan air secukupnya.

Cara Membuat Kerang Saus Padang :

  1. Sebelumnya rebus kerang dengan jahe sampai cangkangnya terbuka, kemudian tiriskan.
  2. Pisahkan daging kerang dari cangkangnya.
  3. Tumis bumbu jahe, bawang putih, dan bawang merah, kemudian haluskan.
  4. Masukkan saus-saus dan kaldu, merica, serta gula pasir. Aduk sampai merata.
  5. Tambahkan air, masak sampai bumbu matang.
  6. Masukkan kerang, aduk merata kembali.
  7. Angkat dan hidangkan sebagai pendamping nasi.

4. Tahu Kerang Masak Kecap

Bahan – Bahan :

  • 250 gram kerang. Pisahkan dari cangkang dan cuci bersih.
  • 2 tahu ukuran besar yang telah dicuci bersih.
  • 5 sdm kecap manis.
  • 1 sdm saus tiram.
  • 4 siung bawang putih dan juga 5 butir bawang merah yang sudah diiris.
  • 2 buah cabai merah yang diiris.
  • Merica bubuk secukupnya.
  • Gula dan garam secukupnya.
  • Bumbu penyedap secukupnya.

Cara Membuat Tahu Kerang Masak Kecap :

  1. Potong tahu menjadi kotak-kotak kecil. Goreng hingga agak kering lalu sisihkan.
  2. Panaskan wajan dengan menuangkan sedikit minyak, lalu tumis bawang putih sampai rasanya harum.
  3. Masukkan bawang merah kemudian tumis kembali hingga harum dan juga bawang merah menjadi layu.
  4. Tuangkan kerang, tahu, kecap manis, saus tiram, dan merica bubuk. Aduk sampai rata.
  5. Masukkan sedikit air dan cicipi rasanya.
  6. Yang terakhir, tambahkan cabai merah lalu masak sampai bumbu meresap dan air menyusut.
  7. Angkat dan sajikan.

5. Tumis Kerang Cabe Hijau

Bahan – Bahan :

  • 300 gram kerang kupas yang dicuci bersih.
  • 5 buah cabai hijau, potong serong.
  • 1 buah tomat berukuran kecil, potong dadu.
  • 5 siung bawang merah, iris tipis.
  • 3 siung bawang putih, iris tipis.
  • 2 sdm saus tiram.
  • 2 sdm kecap manis.
  • 1 cm lengkuas yang dimemarkan.
  • 1 cm jahe yang sudah bersih dari kulitnya dan.diiris sampai halus
  • daun salam 1 lembar .
  • Garam dan gula secukupnya.

Cara Membuat Tumis Kerang Cabe Hijau :

  1. Panaskan minyak.
  2. Tambahkan bawang merah dan putih, lalu tumis hingga harum.
  3. Taburkan daun salam, lengkuas, dan jahe. Tumis kembali sampai agak layu.
  4. Masukkan cabai hijau dan tomat, tumis hingga melayu.
  5. Tambahkan kerang dan masak sampai dagingnya berubah warna.
  6. Tuangkan saus tiram dan kecap manis dan tidak lupa gula dan garam secukupnya. Aduk sampai rata.
  7. Berkan air lalu masak sampai bumbu meresap dan juga mengering.
  8. Angkat dan sajikan.

 

Itulah sedikit info dari saya untuk kalian cara membuat kerang saus tiram, Jangan lupa bagikan resep ini pada teman kalian dan jika ingin membeli panggangan sosis agar memudahkan kalian mengolah berbagai macam olahan yang dipanggang dengan rasa yang lebih enak belilah dengan kunjungi link yang ada. Semoga keluarga kalian dirumah suka dengan resep yang saya bagikan