Cara Masak Cumi Asam Manis Super Enak

 

Cara Masak Cumi Asam Manis Super Enak

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang cara masak cumi asam manis. Baca sampai akhir untuk penjelasan lengakapnya.

Seafood adalah makanan yang paling digemari oleh semua orang, baik anak anak, remaja, maupun orang tua. Bagaimana tidak? Rasanya yang enak dan segar memberikan cita rasa tersendiri yang sulit untuk dilupakan. Sesuai namanya, seefood adalah makanan laut. Yaitu makanan yang asalnya adalah dari laut.

Seefood memiliki banyak sekali manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Seperti baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kemanpuan otak, baik untuk kesehatan tulang dan sendi, menjaga kesehatan mata dan kulit, serta menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu ciri khas seefood adalah cara pengolahannya yang tidak terlalu lama atau cenderung sebentar. Bahkan ada beberapa jenis seefood yang bisa dimakan mentah, dengan syarat harus benar nebar bersih dan segar.

Ada beragam jenis seefood, tetapi pada artikel ini kita akan fokus membahas tentang cumi cumi dan cara masak cumi asam manis.

Cumi cumi

Cumi cumi adalah salah satu seefood yang termasuk jenis moluska atau hewan lunak atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan ini juga termasuk dalam Cephalopoda yaitu hewan yang memiliki dua bagian tubuh, yaitu kaki dan kepala.

Kaki cumi cumi berbentuk tentakel sebanyak 10 buah. Tubuh cumi cumi berbentuk silinder panjang dan ujung yang meruncing.

Hewan ini bisa menyemprotkan tinta hitam pekat jika merasa terancam, misalnya seperti dikejar predator. Tinta ini akan membuat air laut menjadi keruh dan mengejutkan predator sehingga memberikan cumi cumi kesempatan untuk kabur.

Awalnya dipikir tidak berguna, tapi sekarang tinta cumi cumi biasa dijadikan bahan masakan. Salah satunya adalah nasi goreng tinta cumi cumi.

Cumi cumi memakan plankton dan biota laut lainnya yang ukurannya lebih kecil. Pada malam hari, tubuh cumi cumi juga bisa mengelurkan cahaya. Hal ini memudahkannya dalam mencari makan di malam hari karena cahaya tersebut tentunya akan menarik plankton dan biota laut lainya untuk mendekat ke cumi cumi tadi.

Ada cumi cumi yang bisa dimakan dan ada juga yang tidak bisa dimakan. Cumi cumi yang bisa dimakan umumnya tinggal di perairan laut dangkal dan memiliki ukuran sekitar 15 cm. Jenis cumi cumi yang bisa dimakan adalah Loligo Pealei yang tersebar di perairan Asia Timur, Laut Tengah, dan sepanjang pantai timur Amerika Utara.

Sedangkan cumi cumi jenis Architeuthis princeps atau cumi cumi raksasa tidak bisa dimakan. Hewan jenis ini biasa ditemui terdampar di sepanjang pantai Newfoundland serta memiliki ukuran sekitar 15 m atau lebih.

Kandungan Gizi dan Manfaat Cumi Cumi

Kandungan gizi cumi cumi tidak boleh diremehkan. Cumi cumi mengandung kalori, lemak, protein, vitamin B1, B2, B12, vitamin larut lemak (A, D, E, K), asam amino, asam folat, dan mineral seperti kalium, natrium, fosfor, magnesium, dan selenium.

Cumi cumi juga memiliki sejumlah manfaat yang berguna untuk kita, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dapat menurunkan kolesterol karena kandungan lemaknya yang sedikit.
  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi karena kandungan karena kandungan kalsium, selenium dan fosfor yang terdapat pada cumi cumi. Selenium juga berfungsi untuk mencegah kerusakan sel. Sedangkan fosfor juga berfungsi untuk memilihara serta menjaga jaringan sel.
  • Membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Hal tersebut kalium yang ada pada cumi cumi bisa menurunkan tekanan darah.
  • Mengatur pembentukan sel darah merah. Hal tersebut karena vitamin B12 dapat menjaga fungsi otak dan saraf serta berguna dalam pembentukan sel darah merah.
  • Membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh karena kandungan natriumnya.

Jenis Seefood

Selain cumi cumi ada beberapa jenis seefood lainnya. Sebagai informasi, berikut saya cantumkan beberapa jenis jenis seefood yang sering dikonsumsi.

a. Ikan

Ikan adalah jenis seefood yang paling sering dikonsumsi. Rasanya enak dan segar. Ikan juga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Seperti protein, lemak, mineral dan vitamin. Jenis ikan laut yang sering dikonsumsi ada banyak, misalnya ikan tongkol, tuna, salmon, ikan sarden dan lain lain.

b. Udang

Udang adalah salah satu jenis seefood yang sering dikonsumsi. Tetapi ada beberapa orang yang alergi terhadap udang. Makanan satu ini rendah kalori. Udang mengandung protein, omega-3, zat besi dan antioksidan. Udang dapat menjaga kesehatan otak dan jantung.

c. Kepiting

Seefood satu ini memiliki tiga pasang kaki, cangkang yang keras juga sepasang capit. Kepiting mengandung protein dan omega-3 yang tinggi, namun rendah kalori. Kalsium, seng, tembaga, dan selenium juga terdapat pada kepiting.

Hal ini menjadikan kepiting sangat baik untuk dikonkumsi, namun jika berlebihan akan menyebabkan kolesterol karena kepiting mengandung lemak yang cukup tinggi.

d. Gurita

Gurita adalah jenis seefood yang memiliki kepala dan kaki yang berupa tentakel. Tentakel gurita hampir mirip seperti tentakel cumi cumi namun ukurannya lebih besar dan memiliki lingkaran lingkaran kecil di bawahnya dari tengah sampai ujung.

Kandungan nutrisi pada gurita antara lain adalah kalsium, kalium, omega-3, vitamin C, vitamin A, beberapa vitamin B, zat besi, selium, dan fosfor.

e. Kerang

Jenis seefood selanjutnya adalah kerang. Ciri khas kerang adalah memiliki cangkang yang keras pada bagian luarnya. Kerang dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu kerang hijau, kerang batik, kerang bambu, kerang tiram, kerang simping, dan masih banyak lagi.

f. Lobster

Jenis seefood yang tidak boleh terlewatkan adalah lobster. Lobster bentuknya hampir mirip dengan udang, namun ukurannya jauh lenih besar dan juga memiliki capit. Lobster sangat baik dikonsumsi oleh anak anak maupun orang dewasa karena kandungan gizi dan manfaatnya yang sangat banyak.

g. Tiram

Tiram adalah jenis seefood yang juga memiliki cangkang sama seperti kerang. Kandungan gizi tiram antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin E, protein, omega-3, mineral, dan asam amini tirosin. Tiram sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

h. Rumput Laut

Satu lagi seefood yang tidak boleh terlewatkan adalah rumput laut. Sesuai namanya, rumput laut adalah tumbuhan berwarna hijau yang hidup di laut.

Rumput laut adalah bahan utama dalam pembuatan agar agar. Jenis rumput laut yang paling terkenal (nori) sering digunkan untuk membungkus sushi dan onigiri. Kandungan gizi rumput laut tidak boleh diremehkan, antara lain serat yang tinggi, vitamin C, protein, yodium, dan seng.

Itulah beberapa jenis seefood yang sering dikonsumsi. Sekarang balik lagi ke cumi cumi. Cara masak cumi asam manis sebenarnya cukup mudah. Mungkin yang sedikit ribet adalah pada saat membersihkan cuminya.

Karena sama seperti seefood lainnya, jika tidak dibersihkan dengan benar maka akan amis dan memengaruhi cita rasanya. Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Untuk itu simaklah penjelasan di bawah ini.

Cara Membersihkan Cumi Cumi yang Baik dan Benar

1. Pastikan bahwa cumi yang akan dimasak adalah cumi yang masih segar, tidak berwarna kelabu maupun kusam.

2. Pisahkan kepala dari badan cumi.

Sebelum membersihkan cumi Anda harus memisahkan kepala dari badan cumi terlebih dahulu. Untuk melakukannya pegang ekor dan badan gurita lalu tarik perlahan agar tidak memecahkan kantung tinta yang ada dalam cumi cumi.

3. Buang bagian kantong tinta.

Setelah melepaskan kepala cumi cumi, Anda bisa membuang bagian kantung tinta yang ada di bawah rahang cumi cumi. Karena kantung tinta tersebut mudah pecah maka Anda harus melakukannya secara perlahan. Jika kantung tidak sengaja pecah, Anda harus membersihkan cumi cumi dari tinta sampai bersih.

4. Lepaskan paruh dan tulang rawan.

Anda harus melepas paruhnya terlebih dahulu jika Anda ingin mengolah tentakelnya. Yang dimaksud dengan paruh adalah sepotong tulang rawan yang terletak di bawah dasar tentakel.

Selain bagian-bagian ini Anda juga perlu membuang tulang rawan cumi-cumi yang transparan. Tulang ini merupakan tulang rawan yang sangat tipis dan menyerupai pecahan kaca. Tulang-tulang ini tidak bisa dimakan dan harus dibuang.

5. Hilangkan membran cumi.

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan membran cumi atau kulit cumi yang berwarna gelap dan memiliki bintik bintik hitam. Hal ini menjadikan cumi yang kita olah menjadi lebih bersih.

6. Bersihkan menggunakan air mengalir.

Jika semua sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mencuci cumi menggunakan air mengalir. Pastikan bahwa cumi benar benar bersih dan tidak ada bagian yang masih tertinggal.

7. Hilangkan bau amisnya

Langkah terakhir adalah menghilangkan bau amisnya. Anda bisa mengoleskan asam jawa atau jeruk nipis ke cumi cumi lalu biaskan sesaat. Setelah itu, cuci kembali cumi cumi hingga bersih.

Itulah cara membersihkan cumi cumi yang baik dan benar. Jika Anda melakukannya sesuai dengan cara di atas maka dipastikan Anda akan mendapatkan cumi cumi yang tidak amis.

Tips Supaya Cumi Cumi Tidak Alot

Lalu bagaimana caranya agar cumi tidak alot? Di bawah ini adalah beberapa tips supaya cumi tidak alot.

  • Sebelum dimasak, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu.
  • Sebelum dumasak, cumi harus direndam terlebih dahulu menggunakan air dingin agar dagingnya empuk.
  • Memasak cui tidak boleh terlalu lama agar dagingnya tidak alot.
  • Masukkan cumi paling akhir jika cumi dijadikan sebagai bahan pelengkap, bukan bahan utama masakan.
  • Jangan terlalu lama menyimpan cumi cumi di dalam kulkas karena hanya akan bertahan selama 2 hari. Lebih baik diolah saat cumi cumi masih segar agar tidak alot.

Cumi cumi dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dioseng, digoreng, maupun dibakar. Anda bisa memanggang cumi cumi dengan alat pemanggang listrik yang tentunya tidak lagi menggunakan arang sebagai bahan bakarnya. Mau bagaimanapun kita mengolahnya, jika bumbu yang kita gunakan dan cara masaknya benar, maka hasil masakan kita pun akan enak rasanya.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara masak cumi asam manis. Apa saja bumbunya? Bagaimana cara masaknya? Simak terus artikel ini sampai bawah.

1. Cumi Asam Manis Bombay

cara masak cumi asam manis

Resep pertama yaitu cumi asam manis bombay. Bawang Bombay memang banyak sekali digunakan dalam memasak. Selain dapat menambah aroma agar lebih sedap dan menggoda selera, bawang bombay juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Antara lain menangkal radikal bebas, menyehatkan sistem pencernaan, menambah daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Bahan bahan dan cara masak cumi asam manis bombay sebagai berikut:

Bahan Bahan:

  • 5 cumi ukuran sedang
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang
  • 3 siung bawang putih
  • 2 tangkai daun bawang
  • 1 buah jeruk nipis (diambil airnya saja)
  • 4 sendok makan saus sambal
  • 5 sendok makan saus tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Sedikit air

Cara Membuat:

a. Bersihkan cumi seperti cara yang sudah dijelaskan di atas. Setelah itu lumuri dengan perasan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah, potong cumi menyerupai cincin.

b. Kupas bawang putih dan bawang bombai lalu cuci hingga bersih.

c. Cincang bawang putih dan bawang bombay dalam ukuran kecil. Pisahkan keduanya dalam wadah yang berbeda.

d. Tuangkan sedikit minyak di wajan lalu tumis bawang putih yang sudah dicincang hingga baunya harum.

e. Setelah itu masukkan irisan bawang Bombay, aduk terus hingga agak layu.

f. Maukkan saus sambal, saus tomat, gula, garam, dan merica. Aduk sampai rata.

g. Tuang sedikit air lalu masukkan cumi cumi.

h. Aduk hingga semua cumi terlumuri oleh saus.

i. Masak sampai matang lalu angkat dan sajikan.

2. Oseng Cumi Asam Manis

oseng cumi

Resep yang kedua adalah oseng cumi asam manis. Oseng adalah nama lain dari tumis, yaitu memasak dengan menggunakan sedikit minyak.

Bahan bahan dan cara membuat oseng cumi asam manis adalah sebagai berikut:

Bahan Bahan:

  • 5 buah cumi segar ukuran sedang
  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan asam jawa
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1 buah paprika merah
  • Air secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bahan bumbu halus:
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 cm jahe digeprek
  • 8 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai keriting
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:

a. Bersihkan cumi seperti cara yang sudah dijelaskan di atas.lalu potong menyerupai bentuk cincin.

b. Buat bumbu halusnya, caranya bahan bumbu halus yang tertera di atas dihaluskan bisa menggunakan blender maupun secara manual yaitu diulek.

c. Cincang bawang bombay

d. Potong paprika dalam bentuk dadu

e. Masukkan sedikit minyak pada wajan lalu tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan bawang bombay.

f. Tambahkan air secukupnya.

g. Masukkan cumi, kecap manis dan asam jawa.

h. Tunggulah beberapa menit hingga hamper matang, lalu tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan bersama air.

i. Jangan lupa untuk memasukkan paprika.

j. Tunggu hingga matang lalu angkat dan sajikan.

Setelah mengetahui cara masak oseng cumi asam manis Anda juga bisa membaca artikel cara membuat smoothies.

3. Cumi Asam Manis Crispy

cumi asam manis crispy

Siapa sih yang tidak suka dengan cumi goreng tepung? Digoreng seperti itu saja sudah enak, apalagi jika disiram dengan saus asam manis yang rasanya sangat memanjakan lidah.

Langsung saja bahan bahan dan cara masak cumi asam manis crispy adalah sebagai berikut.

Bahan Bahan:

  • 500 gram cumi
  • 7 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 5 sendok makan tepung beras
  • 5 sendok makan tepung bumbu
  • 1/2 sendok teh gula
  • Garam secukupnya
  • 200 ml air

Bahan Saus:

  • 2 siung bawang putih cincang
  • 8 sendok makan saus tomat
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh maizena + 1 sendok makan air
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

a. Cuci bersih cumi cumi lalu potong menyerupai cincin.

b. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam dan ketumbar. Tambahkan merica bubuk.

c. Campurkan tepung beras, tepung bumbu, gula, garam, bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air lalu aduk rata. Tambahkan telur lalu aduk lagi.

d. Baluri cumi cumi dengan adonan tepung tersebut lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

e. Setelah mengetahui resep cumi goreng tepung di atas, angkah selanjutnya adalah membuat saus asam manisnya, caranya tumis bawang putih cincang lalu masukkan saus tomat, gula, garam, dan air. Aduk hingga tercampur rata. Larutkan 1 sendok teh maizena dan 1 sendok makan air lalu tangkan pada saus, aduk hingga agak kental.

f. Tuang cumi krispi pada piring lalu siram dengan saus asam manis. Cumi asam manis krispi siap disajikan.

4. Cumi Asam Manis Pedas

cara masak cumi asam manis

Masakan pedas memang selalu menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Anda termasuk? Kalau iya, Anda wajib unutk mencoba resep kali ini.

Perpaduan rasa asam, manis, dan pedas, ditambah dengan cumi cumi yang segar akan memanjakan lidah anda. Bahan bahan dan cara masak cumi asam manis pedas adalah sebagai berikut.

Bahan Bahan:

  • 500 gr cumi
  • 3 buah bawang putih
  • 15 cabai rawit merah
  • 2 sendok makan asam jawa
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tiram
  • Garam, gula pasir, dan lada secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 100 ml air

Cara Membuat:

a. Bersihkan cumi cumi seperti cara di atas. Gores gores badannya (jangan sampai putus) lalu masukkan kepalanya kembali.

b. Haluskan cabai rawit merah

c. Cincang bawang putih lalu tumis hingga baunya harum.

d. Masukkan cabai rawit merah yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan asam jawa, kecap manis, saus tiram, garam, gula , pasir, dan lada.

e. Tuang air lalu aduk hingga rata.

f. Masukkan cumi cumi dam masak hingga matang.

g. Cumi saus asam pedas siap disajikan

5. Cumi Asam Manis Bombay Padang

cumi asam manis bombay padang

Padang terkenal akan masakannya yang enak dan memiliki cita rasa yang kuat. Contohnya saja rendang. Kali ini, kita akan membagikan resep cumi asam manis ala ala Padang. Bahan bahan yang dibutuhkan dan cara masak cumi asam manis bombay Padang adalah sebagai berikut.

Bahan Bahan:

  • 500 gr cumi cumi
  • 3 buah bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 cm jahe digeprek
  • 2 sendok makan saus pedas
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan asam jawa
  • Garam, gula, dan lada secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

a. Cuci bersih cumi cumi lalu potong kecil kecil dan goreng menggunakan minyak panas sebentar saja (sekitar 1 menit)

b. Iris iris bawang bombay

c. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum lalu tambahkan air.

d. Masukkan jahe, saus pedas, saus tomat, saus tiram, kecap manis, asam jawa, garam, gula, dan lada, aduk.

e. Masukkan cumi dan masak sampai bumbu meresap.

f. Cumi asam manis bombay Padang siap disajikan.

Itulah beberapa cara masak cumi asam manis. Semuanya sangat enak. Meskipun cumi cumi memiliki banyak manfaat untuk kita, mengonsumsi cumi cumi juga harus dibatasi agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan. Selamat mencoba resep resep yang saya bagikan dalam artikel ini.