Cara Budidaya Ayam Bangkok Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ayam Bangkok

Cara budidaya ayam bangkok berbeda dengan cara memelihara burung puyuh. Ayam bangkok termasuk salah satu tipe ayam aduan atau ayam petarung. Jika di bandingkan dengan jenis ayam lainnya, ayam bangkok memiliki beberapa perbedaan yang mendasar serta memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis ayam lain.

Ayam bangkok

Cara Budidaya Ayam Bangkok

Tidak heran jika masyarakat Indonesia sangat gemar memelihara jenis ayam ini. Selain untuk ayam aduan, ayam bangkok memiliki nilai jual yang tinggi sehingga bisa dijadikan peluang usaha dengan cara dibudidayakan. Pada artikel ini kami akan memberikan rahasia dan kiat sukses cara budidaya ayam bangkok yang mudah diaplikasikan bagi pemula.

1. Langkah-Langkah Pembuatan kandang Ayam bangkok

Bagi ayam bangkok, kandang bukan saja sebagai tempat untuk makan dan tidur saja, melainkan juga sebagai tempat untuk menjaga kondisi fisik ayam itu sendiri. Maka dari itu dalam proses pembuatan kandang ayam tidak bisa asal–asalan dan sebisa mungkin buat ayam merasa nyaman berada di tempat tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

a. Bahan pembuatan kandang ayam bangkok

Kandang ayam bangkok memang tidak bisa sembarangan dalam pembuatannya, tetapi bukan berarti harus menggunakan bahan – bahan yang mahal. Kandang ayam bangkok dapat dibuat menggunakan papan kayu, bambu, atau bisa juga dengan menggunakan kikisan rotan.

Buatlah kandang ayam selayaknya saja, karena nantinya ayam akan dipisah sesuai umur untuk memudahkan dalam pemeliharaan. Selain itu jenis ayam bangkok cenderung galak dan mudah untuk bertarung.

Kandang ayam dewasa sebaiknya dibuat rongga pada bagian bawah agar kotoran ayam  bisa langsung jatuh dan memudahkan dalam pembersihan kandang. Sedangkan untuk ayam yang masih berumur di bawah 3 bulan, sebaiknya tidak dibuat rongga karena akan membahayakan keselamatan ayam seperti terjepit

2. Ukuran kandang ayam bangkok

Ukuran kandang yang memenuhi syarat diperlukan agar ayam tidak stres dan menimbulkan berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kualitas ayam. Berikut penjelasan ukuran kandang ayam yang ideal :

  1. Anak ayam seusia ini memiliki kandang berukuran 100 cm x 50 cm x 20 cm dan berjumlah 20 ekor ayam.
  2. Anak ayam kandang yang dibutuhkan ayam bangkok berukuran 100cm x 100cm x 40cm dengan 30 ekor ayam bangkok.
  3. Ayam muda Kandang yang baik untuk ayam umur 12-16 minggu adalah 100 x 100 x 60 cm dengan 15 ekor ayam.
  4. untuk ayam bangkok dewasa kandang biasanya dibuat khusus untuk 1 ekor ayam, yaitu dengan ukuran 30 cm x 30 x 60 cm.

Perlengkapan Kandang Ayam

Ayam bangkok, jika rawat intensif atau ayam selalu didalam kandang maka peralatan didalam kandang sangat penting dan harus diperhatikan. Seperti tempat makan, tempat minum, dan lampu untuk penerangan dan penghangat

3. Pemberian pakan ayam bangkok berdasarkan tingkatan umur

Pemberian pakan ayam yang berumur di bawah 3 bulan

Anak ayam bangkok yang berumur di bawah 3 bulan akan mengalami pertumbuhan sistem gerak yang signifikan sehingga pemberian pakan harus diperhatikan, pilihlah pur atau pakan yang mengandung kalsium tinggi serta protein.

Pemberian pur pada anak ayam bangkok dapat dilakukan secara langsung atau bisa juga menggunakan air hangat yang dicampur dengan pur, tetapi untuk hal ini kebersihan tempat makan ayam harus dijaga. Karena kondisi yang lembab pada tempat makan ayam akan mengakibatkan pertumbuhan jamur yang dapat meracuni ayam.

Pemberian pakan ayam yang berumur 3 – 6 bulan

Ayam bangkok pada umur ini tidak hanya membutuhkan kalsium dan protein saja, tetapi juga membutuhkan karbohidrat dan lemak untuk pertumbuhan otot dan daging. Jenis pakan ayam bangkok yang cocok pada umur ini yaitu pur yang teksturnya agak kasar di campur dengan nasi. Jika ayam sudah mendekati umur 6 bulan maka komposisi nasi bisa ditambah lebih banyak lagi.

Pemberian pakan ayam yang berumur di atas 6 bulan

Cara Budidaya Ayam Bangkok

Menjelang usia dewasa ayam bangkok sudah bisa diberikan makanan yang lebih keras lagi seperti jenis ayam pada umumnya. Tetapi Anda juga harus memperhatikan jenis ayam bangkok, jika ayam bangkok jenis pukul maka jagung dan dedak merupakan makanan yang paling baik untuk diberikan. Kamu bisa menggiling jagung menggunakan mesin.

Tetapi jika ayam bangkok jenis jalu maka makanan yang cocok yaitu beras merah, gabah, atau konsentrat. Selain pakan yang memenuhi nutrisi bagi ayam, ketersediaan air minum juga sangat penting untuk pertumbuhan ayam.

Air minum sebaiknya disediakan dalam jumlah yang banyak atau tidak terbatas, tetapi juga harus diganti setiap hari untuk menjaga kesegaran dan kebersihannya. Agar ayam cepat tumbuh dan berkembang, tambahkan vitamin atau suplemen ke dalam air minumnya.

nah itu artikel saya tentang Cara budidaya ayam bangkok, sekian terima kasih