Cara buat Kopi Hitam yang Enak

cara buat kopi hitam yang enak

Kopi hitam merupakan salah satu minuman kopi yang kerap dijumpai baik di rumah ataupun di Cafe. Pada setiap secangkir kopi hitam, Anda akan dapat menemukan cita rasa khas kopi seutuhnya tanpa adanya bahan-bahan lainnya, seperti susu atau caramel atau juga cokelat dan Cara buat kopi hitam yang enak sangatlah sederhana.

Meski terdengar cukup sederhana, pada praktiknya aturan pembuatan kopi bermacam-macam. Semua aturan dapat diikuti sesuai keinginan masing-masing serta jenis kopi yang dibutuhkan.

Namun, agar dapat lebih mempermudah Anda, kami telah membuat panduan dan cara membuat kopi hitam yang enak dengan campuran yang pas seperti apa langkah-langkah tersebut kita simak.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Kacang Tanpa Oven Anti Ribet

Cara buat kopi hitam dan Manfaat Kopi untuk Tubuh

1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat mengonsumsi kopi hitam yang pertama adalah dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Dalam Kopi terkandung zat kafein yang bersifat stimultan yang artinya, kafein langsung terserap kedalam aliran darah dan bergerak ke otak sesaat setelah seseorang meminum kopi. Akibatnya, minuman kopi hitam dapat meningkatkan daya mengingat, termasuk fungsi kerja otak, kewaspadaan, kefokusan, hingga kemampuan merespons sesuatu.

2. Membantu membakar lemak

Zat kafein yang terdapat dalam kopi dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak. Kafein akan merangsang sistem saraf dan memberikan sinyal kepada sel lemak agar segera memecah lemak di dalam tubuh. Studi penelitian mengungkapkan bahwa, mengonsumsi minumam berkafein dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Yang berperan penting dalam membakar lemak sebanyak tiga sampai sebelas persen. Penelitian lain menunjukkan, efek zat kafein dalam kopi membantu membakar lemak lebih efektif pada orang dengan ukuran tubuh daripada orang dengan tubuh yang besar. Tapi, ada kemungkinan efek kafein yang membantu membakar lemak ini tidak efektif bagi peminum kopi berjangka panjang.

3. Meningkatkan kapasitas kinerja fisik

Manfaat minum kopi yang berikutnnya yaitu dapat untuk meningkatkan kemampuan kinerja fisik hingga dua belas persen . Mengonsumsi minuman berkafein yaitu kopi dapat meningkatkan adrenalin dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih siap berkerja fisik secara intens.

Hal itu dipengaruhi karena efek kafein dalam kopi yang mampu memecah lemak di dalam tubuh kita. Akibatnya, tubuh memiliki bahan bakarĀ  yang lebih dari metabolisme lemak. Jika anda yang ingin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik dianjurkan meminum kopi hitam sekitar setengah jam sebelum bekerja dan beraktivitas.

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 diawali dengan tanda meningkatanya kadar gula dalam darah disebabkan berkurangnya kemampuan tubuh menghasilrkan insulin. Diabetes tipe 2 dapat mengakibatkan komplikasi seperti stroke, dan penyakit jantung.

Kabar gembiranya penenlitian mengungkapkan bahwa orang yang rajin mengonsumsi kopi dengan teratur memiliki riesiko diabetes tipe 2 lebih rendah daripada orang yang tidak meminum kopi dengan teratur.

5. Mencegah penyakit alzheimer dan parkinson

Orang dengan umur di atas 65 tahun berisiko terkena penyakit saraf seperti alzheimer dan parkinson. Penyakit ini belum ditemukan obatnya akan tetapi , penyakit saraf degeneratif ini dapat dicegah dengan menjaga pola hidup dan memakan makanan yang sehat, rajin berolahraga, dan minum kopi dengan teratur dengan dosis yang cukup.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa, orang yang mengonsumsi kopi denagn teratur memiliki resiko terkena penyakit alzheimer lebih rendah sebesar enam puluh lima persen daripada bukan pengonsumsi kopi dengan teratur. Peneliti lain juga mengungkapkan, orang yang meminum kopi dengan teratur memiliki resiko terkena penyakit parkinson lebih rendah 32%-60% daripada bukan peminum kopi.

6. Menjaga kesehatan hati

Manfaat mengonsumsi kopi yang berikutnya yaitu membantu menjaga kesehatan organ hati. Hati adalah organ yang menjalankan bermacam peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Sayangnya, banyak penyakit yang rentan menyerang hati. Termasuk hepatitis, fatty liver, dll.

Penyakit hati kebanyakan dikarenakan sirosis atau pertumbuhan jaringan parut di hati. dan menariknya, meminum kopi maksimal empat gelas per hari dapat mencegah seseorang terkena sirosis.

Cara buat Kopi Hitam

cara buat kopi hitam yang enak

Cara buat kopi hitam yang enak

Bahan :

  • Bubuk Kopi Hitam secukupnya
  • Gula sesuai dengan selera
  • Coklat Bubuk 1/2 sdt

Cara membuat kopi hitam :

  1. Didihkan dua gelas air dengan api ukuran sedang.
  2. Jika air sudah hampir matang tuangkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk hingga air mendidih dan merata kemudian tambahkan bubuk coklat.
  3. Siapkan penyaring kopi dari kain halus, dan dua buah gelas berukuran sedang.
  4. Tuangkan Kopi Hitam tadi ke salah satu gelas kemudian saring Kopi Hitam ke gelas yang lain angkat tinggi-tinggi gelas ketika menyaring dan lakukan berulang-ulang sampai kopi mengeluarkan busa.
  5. Siapkan cangkir dengan gula kemudian saring lagi dengan saringan kopi untuk terakhir kali ke dalam cangkir gula yang sudah disiapkan hias KopiĀ  sesuka anda.

Nah, itulah beberapa Cara membuat Kopi Hitam yang Enak dan mudah yang dapat anda coba dan beberapa informasi mengenai Tips mengetahui kualitas kopi. Selamat berkreasi dan mencoba.Kamu juga bisa mengunjungi Cara membuat kopi yang enak.