Beginilah Cara Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Beginilah cara merebus daging agar cepat empuk

Saat merebus daging sapi maupun kambing tentunya kita sangat membutuhkan teknik atau cara yang benar agar daging tersebut sesui dengan yang kita inginkan yaitu dengan tekstur yang empuk dan juga tidak alot saat daging masuk kedalam mulut. Cara merebus daging agar cepat empuk tentunya menjadi salah satu pencarian yang sangat dicari oleh teman teman sekalian.

Definisi Daging

Beginilah cara merebus daging agar cepat empuk

Daging adalah salah salah satu bentuk bahan pangan yang tentunya memiliki nilai gizi contohnya protein yang mengandung berbagai susunan asam amino yang lengkap.Daging diartikan sebagai otot atau urat yang sudah melekat pada kerangka tulangnya, terkecuali daging yang terdapat pada bagian bibir, telinga serta hidung.

Daging juga ialah sering diartikan sebagai bagian yang lunak dari tubuh hewan yang sudah terbungkus oleh kulit yang menjadi bahan pangan sebagian manusia yang tidak memiliki pantangan dan riwayat apapun jika dimakan, dan juga masyarakat mengolah daging dengan cara yang berbeda dan masing masing menginginkan tekstur yang empuk.

Cara Mengolah Daging Agar Empuk

Beginilah ccara merebus daging agar cepat empuk

Masyarakat luas menggunakan berbagai macam cara agar memperoleh masakan daging yang empuk yaitu dengan contohnya merendam daging menggunakan buah nanas, membungkusnya dengan daun pepaya, hingga mendiamkannya beberapa saat serta masih banyak cara lain yang jarang kita ketahui cara cara lainya.

Adapun langkah langkah lainnya agar daging terasa enak seperti bau daging berkurang, tidak alot yaitu dengan memperhatikan kualitas daging yang teman teman punya atau beli ditempat orang jualan. Hidangan daging tentunya sangat digemari oleh masyarakat contohnya yaitu bakso, rendang, empal gentong, gulai dan lain lain.

1. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Cara yang dapat dilakukan untuk merebus daging sapi agar dapat empuk tanpa membuat boros gas, yaitu dengan
memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim alami didalamnya yang berfungsi memecah protein dalam daging sehingga daging sapi jadi lebih empuk. Caranya bersihkan daun pepaya dengan air yang mengalir, dan keringkan, lalu jadikan pembungkus daging. Usahakan setiap bagian daging terbungkus dengan semmpurna dan diamkan selama sekitar kurang lebih 1 jam. Setelah itu, daging siap untuk diolah menjadi makanan.

2. Lumuri Dengan Jus Nanas

Buah nanas juga mempunyai enzim alami yang bisa bikin daging sapi lebih cepat empuk. Caranya buah nanas dihaluskan atau dijus terlebih dahulu. Dan lumuri daging sapi dengan buah nanas yang sudah dihaluskan atau dijus, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, daging siap untuk dimasak menjadi makanan sesuai selera yang diinginkan. Jika ingin lebih praktis bisa juga memkai jus nanas sebagai salah satu bahan marinasi. Tetapi, pastikan proses marinasi hanya cukup 30 menit agar tekstur dan rasa daging tidak berubah.

Baca Juga:cara merebus kerang dara agar terbuka

3. Diamkan Daging Pada Suhu Ruangan

Mendiamkan daging merah pada suhu ruangan. Caranya simpan di rak bagian bawah kulkas diidalam wadah yang tertutup. Setelah itu, diamkan didalam kulkas sekitar kurang lebih 30 menit sampai 1 jam sebelum daging diolah untuk memasak, jika ingin diolah bisa keluarkan daging merah dari kulkas, dan tetap simpan di dapur dalam keadaan didalam wadah yang masih tertutup.

Mendiamkan daging merah di suhu ruangan dapat membantu suhu daging turun secara perlahan dan stabil, sehingga tekstur dagingnya lebih empuk secara merata. Selagi menunggu daging merah lebih agar empuk, siapkan bahan dan bumbu masakan lain untuk mengolah dagingnya.

4. Potong Berlawanan Serat Daging

Cara memasak daging sapi agar empuk adalah dengan meperhatikan cara memotong dagingnya. Agar daging sapi empuk, potong dagingsapi berlawanan arah dengan serat dagingnya. Tujuannya, agar serat lebih pendek sehingga daging lebih cepat empuk saat dimasak dan mudah untuk dikunyah ketika dimakan.

5. Manfaatkan Uap Panas

Uap panas juga bisa untuk memasak daging sapi agar empuk tanpa boros gas. Caranya didihkan air dan rebus daging merah selama kurang lebih lima menit dalam keadaan panci yang tertutup. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan daging di dalam panci dalam keadaan tertutup selama kurang lebih 30 menit. Lalu nyalakan kembali kompor dan rebus daging lagi selama kurang lebih 7 menit.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu ingin lebih mengetahui tentang cara merebus daging sapi, kamu bisa membaca artikel Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk. Semoga artikel ini bermanfaat.