Beginilah Cara Membuat Ayam Fried Chicken

cara membuat ayam fried chicken

Cara membuat ayam fried chicken ini ada dua macam adonan. Pertama bahan membuat adonan pencelup ayam dari susu dan telur, dan bahan yang ke dua membuat adonan kering dari tepung berbumbu untuk melumuri ayam yang sudah dilumuri ke dalam adonan pencelup. Pilih potongan ayam sesuai selera ingin yang bertulang atau tanpa tulang seperti fillet dada.

Cara Membuat Ayam Fried Chicken

cara membuat ayam fried chicken

 

Bahan- Bahan :

  • 1 1/2 cup (375 ml) susu (lebih mantap pakai buttermilk)
  • Telur 2 butir telur
  • 2 1/2 cup (280 gr) tepung serbaguna
  • 2 sendok makan garam (ditambah tambahan untuk taburan)
  • Lada hitam 2 sendok teh
  • 4 pon (1,8 kg) potongan ayam
  • 3 cup (750 ml) minyak sayur

Langkah- Langkah:

1. Campurkan susu dan telur dalam mangkuk, lalu kocok hingga merata.

2. Siapkan kantung plastik besar, jika tidak ada bisa menggunakan plastik zip lock besar atau tempat makan plastik yang bertutup. Masukkan tepung, dua sendok makan garam, dan merica, lalu Segel dan kocok agar tercampur merata.

3. Celupkan potongan ayam ke dalam adonan campuran susu dan telur, kemudian angkat dan tiriskan. Sisihkan potongan ayam yang sudah dicelupkan ke dalam adonan tersebut ke piring sampai tiga atau empat potong ayam.

4. Kemudian masukkan potongan ayam yang sudah dicelupkan ke dalam adonan tersebut ke plastik yang telah terisi tepung di dalamnya. Tutup dan kocok hingga merata agar potongan ayam terlapisi oleh tepung secara menyeluruh.

5. Setelah itu taruh ayam yang sudah di kocok dengan tepung ke piring dan ulangi langkah yang sama.

6. Ulangi lagi langkah ini agar tepung dapat melapisi kulit ayam dengan sempurna.

7. Panaskan minyak ke dalam panci penggorengan hingga suhu mencapai 177 derajat Celcius.

8. Goreng lah ayam, sedikit demi sedikit, selama sekitar 10 menit di setiap sisi, atau sampai ayam berubah berwarna cokelat keemasan dan matang seluruhnya. Saat menggoreng jangan memasukan ayam ke dalam panci penggorengan terlalu banyak dalam sekali menggoreng, sebab akan menurunkan suhu minyak dan akan mempengaruhi kerenyahan ayam.

9. Tiriskan ayam yang sudah matang ke atas piring berlapis tisu serap minyak. Lalu, taburi langsung dengan garam dan ayam pun siap disajikan.

Baca Juga: Cara Membuat Smoothies Yang Mudah dan Enak

Tips Membuat Ayam Fried Chicken Agar Daging Empuk Dan Renyah

tips membuat ayam fried chicken agar daging empuk dan renyah

1. Tekan-Tekan Daging Ayam Dengan Sendok

Untuk membuat ayam fried chicken dengan tekstur daging yang empuk, pencet daging ayam yang akan dimasak menggunakan sendok. Bisa juga dengan menancapkan garpu ke permukaan daging hingga menghasilkan beberapa lubang. Cara tersebut akan memaksimalkan proses marinasi yang dilakukan.

2. Rendam Dengan Air Garam

Jika ingin membuat ayam goreng dengan renyah, rendam terlebih dahulu daging ayam dengan air garam selama beberapa waktu. Rendaman air garam tersebut bisa membuat tekstur daging ayam menjadi empuk dan juicy setelah digoreng. Campurkan air dan garam kedalam mangkuk, lalu masukkan daging ayam dan biarkan semalaman di dalam kulkas. Kita juga bisa menambahkan bumbu rempah-rempah, agar rasa ayam goreng tepung tak hambar (jika tidak menggunakan tepung bumbu instan).

3. Bumbui Tepung

tips membuat ayam fried chicken agar daging empuk dan renyah

Membaluri ayam dengan tepung saja hanya akan membuat rasanya terasa hambar. Untuk itu, tambahkan bubuk merica ke dalam tepung. Kamu juga bisa mencampurkan bubuk paprika, bubuk bawang putih, dan bubuk bawang merah agara ayam goreng tepung buatanmu jadi makin nikmat. Tetapi jika kalian menggunakan tepung bumbu instan, kalian tidak usah menambahkan bahan bumbu bubuk tersebut.

4. Tekan Ayam Saat Membalutnya Dengan Tepung

Pada proses mencampurkan tepung dengan ayam, selalu tekan dengan sangat keras pada saat membaluri daging ayam dengantepung. Dengan begitu, tepung akan menempel erat pada daging ayam ketika digoreng.

5. Goreng Sedikit Demi Sedikit

Jangan memasukkan daging ayam terlalu banyak dalam satu panci ketika menggorengnya. Hal ini akan membuat suhu minyak menurun, dan menyebabkan tekstur daging ayam jadi berminyak dan tidak renyah. Gorenglah sedikit demi sedikit, dan sisakan ruang antara satu daging ayam dengan daging ayam lainnya. Jika kita menggoreng ayam yang disimpan di kulkas, diamkan dulu daging ayam tersebut di suhu ruangan selama beberapa saat agar suhu minyak tetap stabil nantinya.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang ingin tahu cara membuat ayam fried chicken, cara ini juga dapat anda gunakan dengan cara membuat fried chicken untuk dijual agar produk ayam yang anda buat terasa lebih enak.