Lengkap, Bahan Bahan Membuat Keripik Kaca

bahan bahan membuat keripik kaca

Hai taman teman, bagaiman kabar kalian hari ini?, Semoga kalian sehat-sehat saja. Disini saya akan membagikan bahan bahan membuat keripik kaca.

Jangan salah tangkap dulu ya, kaca disini bukan kaca dari beling piring ataupun gelas, akan tetapi kaca yang sangat bisa untuk dimakan sebagai camilan di rumah. Penasaran ? Ayo kita simak bahan bahan membuat keripik kaca pada artikel ini.

Kerupuk ataupun keripik adalah camilan yang sangat cocok untuk mengganjal isi perut. Biasanya ketika keluarga kumpul dan menghabiskan waktu bersama mereka, kerupuk maupun keripik menjadi jajan yang tidak boleh ditinggalkan.

Tahukah kalian apa bahan utama dari keripik kaca ini?, keripik kaca adalah makanan khas dari Bandung terbuat dari singkong. Akan tetapi ada juga orang yang membuat keripik kaca ini dengan tepung. Biasanya sih menggunakan tepung tapioka.

Bagi yang belum mengetahui bahan bahan membuat keripik kaca, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Bahan Bahan Membuat Keripik Kaca

Bahan dasar untuk bahan bahan membuat keripik kaca dua macam. Kalian bisa menggunakan bahan dasar singkong ataupun berbahan dasar tepung yang dipadukan dengan air. Dari segi rasa sama sama enak. Jadi kalian tidak perlu bingung memilih bahan dasarnya apa.

Kita bahas satu-satu ya :

Singkong

Singkong atau sering kita sebut ubi kayu, tentu sudah sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam tradisi tradisional, singkong sangat disukai sebagai pengganti dari makanan pokok kita yaitu nasi.

Ketela pohon atau ubi kayu atau yang lebih kita kenal dengan singkong merupakan tanaman umbi-umbian. Singkong dikenal cukup luas sebagai makanan pokok pemproduksi karbohidrat dan daunnya bisa dijadikan sayuran

Kandungan nutrisi yang dikandung jangan dianggap remeh. Singkong menyediakan energi bagi tubuh. Jumlah karbohidratnya mencapai 38.06 g. Tidak hanya itu, di dalam singkong juga terdapat protein lemak dan serat.

Tinggi singkong bisa mencapai 7 meter , dengan cabang yang agak jarang. Akar yang dimiliki singkong berjebis tunggang dengan akar bercabang dan kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat kita makan. Ukuran umbi ini rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm.

Tepung

Bagi kalian yang suka memasak atau membuat kue, pasti sudah familiar dengan tepung. Tepung merupakan salah satu bahan yang paling sering kita gunakan untuk memasak berbagai macam makanan.

Tepung merupakan partikel padat dengan bentuk butiran lembut. Kebanyakan, tepung dibuat dari bahan-bahan nabati seperti gandum ataupun singkong.

Namun, masih ada banyak orang yang belum mengetahui dengan benar jenis-jenis tepung sesuai dengan kegunaannya. Padahal, pemilihan tepung untuk makanan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menghasilkan makanan yang lezat.

Cara Membuat Keripik Kaca

Setelah mengetahui bahan bahan membuat keripik kaca, simak yuk cara membuat keripik kaca untuk diaplikasikan di rumah. Untuk bahan yang digunakan juga ramah kok di dompet. Bagaimana caranaya? berikut ini bahan dan langkah-langkah pembuatannya.

  1. Bersihkan singkong dari kulitnya.
  2. Kemudian parut singkong menggunakan alat pemarut.
  3. Selanjutnya masukkan parutan singkong tadi ke dalam panci.
  4. Masukkan air dan garam ke dalam panci dan masak hingga mengental.
  5. Selama proses pemasakan, aduk adonan secara berkala.
  6. Singkong sudah di parut lalu masukan kedalam panci.lalu masukan air dan garam masak masak hingga mengental dengan api sedang.
  1. Setelah matang, bentuk adonan tadi menjadi lapisan tipis-tipis. Lakukan di atas plastik.
  2. Agar adonan tidak menempel pada panci, berikan sedikit minyak di atasnya.
  3. Jika sudah selesai, jemur adonan keripik kaca yang sudah dibentuk tipis.
  4. Setelah mengering sempurna, potong adonan sesuai selera.
  5. Goreng adonan tadi atas penggorengan dengan menggunakn minyak yang sedikit dan api yang kecil saja. Untuk proses penggoreng yang baik, kalian bisa menggunakan mesin vacuum frying.
  6. Setelah semua adonan tergoreng semua, lalu campurkan dengan bumbu sesuai selera.

 Sekian pembahasan bahan bahan membuat keripik kaca. Selamat mencoba…